Menaikkan
kompresi bisa dilakukan dengan papas head/blok, ganti piston jenong
atau dengan piston yang berdiameter yang lebih besar seperti Yamaha
Jupiter Z 51 mm, Honda Karisma 52,4 mm, Kawasaki Kaze 53 mm, Kawasaki
Blitz Joy 56 mm lalu ganti paking lebih tipis.. Tapi jangan terlampau
tinggi karena masih dipakai harian.Patokan kompresi jangan lebih dari
11 : 1 Misal Bisa pangkas blok antara 0,3 sampai 0,5 mm Atau, bisa saja
dengan mengurangi tebal paking blok dan head. Misal dari 0,6 mm
diganti 0,3 mm. Lumayan bisa mendekin 0,3 mm. Baru kekurangannya
ditambah lewat pangkasan. Kalaupun mau pangkas, mending pilih salah satu
saja. Mau blok atau kepala silinder. (data persisnya sebaiknya
memperhatikan posisi piston ketika di TMA).
Pengapian
Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian bawaan Supra x 100 masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Bisa juga dengan Penggantian busi dan koil,tetapi itu hanya bisa untuk memperbaiki kualitas percikan api dan tidak menambah limiter pengapian.
Porting polish
porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder. Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang bakar lebih smoot dan tanpa titik mati (atau hambatan).
Setting Karburator
Disini lebih pada proses jeting atau penggantian spuyer kecil dan besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.Kalau masih kurang bisa di tambah dengan mengganti gear/suproket yang lebih kecil, biasanya diganti menggunakan gear punya astrea green sudah cukup. Penggunaan ban juga jangan terlalu besar.
Dengan sedikit setingan seperti ini di jamin tenaga mesin Honda supra x 100 temen-temen akan berbeda drastis dari sebelumnya, walaupun sang kuda besi bernapas tua tapi stamina muda..
Pengapian
Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian bawaan Supra x 100 masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Bisa juga dengan Penggantian busi dan koil,tetapi itu hanya bisa untuk memperbaiki kualitas percikan api dan tidak menambah limiter pengapian.
Porting polish
porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder. Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang bakar lebih smoot dan tanpa titik mati (atau hambatan).
Setting Karburator
Disini lebih pada proses jeting atau penggantian spuyer kecil dan besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.Kalau masih kurang bisa di tambah dengan mengganti gear/suproket yang lebih kecil, biasanya diganti menggunakan gear punya astrea green sudah cukup. Penggunaan ban juga jangan terlalu besar.
Dengan sedikit setingan seperti ini di jamin tenaga mesin Honda supra x 100 temen-temen akan berbeda drastis dari sebelumnya, walaupun sang kuda besi bernapas tua tapi stamina muda..
0 komentar:
Poskan Komentar